Senin, 25 April 2016

Tutup pusernya biar tidak mabuk di perjalanan?

Mabuk di perjalanan itu bisa terjadi, apapun jenis tranportasinya, baik pesawat, kereta, mobil, bus atau kapal laut.

saya merupakan orang yang dahulunya sering pusing di jalan, sangat menyiksa sekali karena saya bekerja di tour yang mengharuskan sering travelling, kalau dirata-rata saya travelling diluar kota / negeri sekitar 100 hari per tahun
saya mencari di seluruh internet, dan dimanapun. apapun saya coba deh supaya gk mabuk.
dan akhirnya sekarang saya sudah jarang sekali mabuk/pusing/eneg. Ok mari kita bahas

Ada beberapa Penyebab mabuk perjalanan

Mabuk perjalanan bahasa kerennya itu motion sickness terjadi jika sistem vestibular (pusat keseimbangan di telinga bagian dalam) terganggu. Terganggunya pusat keseimbangan di telinga bagian dalam ini akan merangsang produksi zat histamin yang akan merangsang otak sehingga menimbulkan reaksi mual dan ingin muntah. Misalnya ketika berada dalam perjalanan, posisi duduk tidak pernah seimbang. Atau sedang membaca di dalam kendaraan yang sedang melaju.
Motion sickness juga dapat terjadi apabila otak menerima rangsang yang tidak seimbang antara kesan dari sistem optik (organ mata) terhadap suatu gerakan dengan kesan dari sistem vestibular pada telinga bagian dalam
selain itu dapat terjadi juga karena sugesti / mind set yang salah, kita punya kepercayaan naik kendaraan pasti mabuk
dan yang terakhir juga bisa disebabkan kurang sirkulasi udara segar yang baik sehingga membuat otak kita kurang oksigen. coba ingat ingat ketika naik motor atau bajaj, kita sangat jarang merasa pusing kan?. dibanding naik bis atau taxi.

Tips untuk menghindari mabuk perjalanan

Pilih tempat yang paling sedikit goncangan nya, namun cara ini tidak selalu berhasil karena kita terkadang tidak bisa memilih tempat yang kita inginkan
Tidak makan makanan yang dapat menimbulkan mual, makanan yang mengandung bahan kimia, terlalu manis, ataupun yang dapat menyebabkan kembung itu jangan dikonsumsi.
disarankan perut tidak boleh kosong, karena perut yang kosong akan menghasilkan gas berlebih di lambung jadi banyak angin / eneg
Tidur, jika tidak bisa tidur kita bisa mengkonsumsi obat anti mabuk, namun ini hanyalah pilihan terakhir, jika kita sudah yakin keadaan memang benar-benar aman, tidak disarankan jika naik kendaraan umum, karena kita akan rentan jadi sasaran kejahatan.
Jaga kondisi badan, jika ingin berpergian lebih baik tidur yang cukup di hari sebelumnya. Karena kurang tidur dapat menyebabkan fisik lemah, dan membuat kita rentan terhadap guncangan. Sehingga mudah mabuk dalam perjalanan.
Ada sebuah pemikiran yang salah, yaitu sengaja kurang tidur sebelum melakukan perjalanan, dengan tujuan agar dapat tertidur pulas di kendaraan. Hal ini sangatlah tidak tepat. Karena ketika kita kurang tidur, badan kita menjadi lemah, sehingga mudah sakit, selain itu kurang tidur menggurangi kosentrasi malah membuat kita tambah cepat pusing

Trick
Untuk mengatasi mabuk dan mual perjalanan. Anda bisa membawa permen jahe, ataupun obat yang mengandung jahe, seperti antangin, tolak angin, atau kita juga dapat membuat air jahe, namun cara ini kurang praktis.
Sugesti yang baik. bagi kita yang sudah terprogram mempunyai sugesti mabuk jika berkendara. Anda bisa melakukan sugesti-sugesti yang baik, dengan berkata dengan diri sendiri “aku akan baik-baik saja, perjalanan lancar, segalanya akan berjalan baik” 
jangan berkata “aku tidak akan mual / pusing” karena hal itu malah mengingatkan diri kita, bahwa kita sebenarnya suka mabuk perjalanan.
Ulanglah selalu Kalimat-kalimat yang baik beberapa kali. Sehingga kita benar-benar menyakini bahwa kita akan baik-baik saja. dengarlah MP3 untuk merubah focus pikiran kita

Lalu saya punya trick yang agak nyeleneh, dulu pembantu teman saya memberi sebuah tips yang aneh, katanya untuk mencegah mabuk perjalanan caranya puser ditutup handyplast sehingga lubangnya tidak terlihat lagi. 
Aneh bukan ? percaya gak percaya? 
Saya pun pernah mencoba dan hasilnya aneh bin ajaib, luar biasa, tidak mabuk sepanjang perjalanan.
belum ada penjelasan ilmiah mengenai hal ini,
tapi kemungkinan besar menutup pusar mempengaruhi sugesti pemikiran kita.
kalau berdasarkan ilmu barat, center of gravity dari tubuh adalah di sekitar perut. contohnya jika kita sedang cemas kita bisa menaruh tangan kita di perut. biasanya kita akan feel better.
kalau menurut pengobatan china, daerah seputar perut dan pusar merupakan pusat energi. jadi jika dipengaruhi dengan pengaruh positif dapat membuat badan menjadi lebih kuat. dan khasiat positif lainnya.
jadi berani mencoba?

Berhubung saya juga mengalami permasalahan pada saat berkendara maka dari itu saya membuat blog ini,,, terima kasih supaya bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar